Halaman

Sabtu, 21 Juli 2012

Buah

Manfaat Buah-buahan Untuk Kesehatan

Buah Anggur Hijau
Anggur adalah tanaman buah perdu yang sangat terkenal dengan kandungan polifenol dan resolvor yang berperan aktif dalam metabolisme tubuh yang berfungsi sebagia penangkal radikal bebas. Anggur memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung berbagai jenis senyawa metabolit sekunder, terutama golongan flavonoid dan antosianin, serta resverato yang aktif dalam meningkatkan kerja sel endotelial yang berperan dalam memperlancar aliran darah dalam arteri terkait dengan aktivitasnya terhadap sel-sel otot halus. Sehingga risiko terkena serangan jantung dapat berkurang. Di dalam tubuh, senyawa flavonoid anggur dapat meningkatkan produksi lemak baik (HDL) sekaligus menurunkan trigliserida yang beredar di dalam darah.

Buah Manggis
Buah Manggis merupakan buah tropis yang banyak ditemui di indonesia, Buah manggis ternyata sangat baik sebagai pelindung tubuh terhadap radikal bebas, hal ini karena dalam buah manggis terdapat kandungan zat Xanthone yang sangat banyak, terutama pada bagian kulit buah manggis. Xanthone merupakan subtansi kimia alami yang tergolong senyawa polyhenolic, dan merupakan molekul besar yang terdiri dari berbagai komponen super antioksidan, misalnya alpha-Mangostin, Garcinone A, beta-Mangostin, dan sebagainya. "Xanthone juga terbukti untuk menetralkan radikal bebas dan mempunyai sifat sebagai antikanker, antiinflammatory, antimikroba, antialergi, menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan kadar gula, serta dapat menyembuhkan stroke. Manfaat buah manggis begitu tinggi untuk kesehatan, sangat baik jika kita meningkatkan konsumsi buah manggis sebagai salah satu pecegahan terhadap serangan penyakit yang berbahaya.

Buah Apel
Buah Apel, Siapa yang tidak mengenal buah yang cantik dan manis ini ? Apel merupakan buah yang tergolong baik untuk kesehatan, dan tahukah anda manfaat apel untuk kesehatan kita? Ternyata begitu banyak manfaat dari buah apel. Buah apel kaya akan serat yang bauk untuk mengurangi kadar lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh, Apel juga kaya akan mineral dan beberapa vitamin, diantaranya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C. Manfaat Apel berikutnya yaitu mengandung fitokimia. Fitokimia merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berasal dari polusi atau lingkungan sekitar. Zat ini juga berfungsi untuk menekan jumlah kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Buah Kiwi
Manfaat buah kiwi begitu banyak untuk kesehatan kita, banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa kiwi dapat meningkatkan dungsi usus bagi penderita IBS. Di dalam buah kiwi ditemukan prebiotik yang berfungsi memberi makan bakteri baik yang terdapat dalam usus. Hal ini berfungsi untuk mencegah bakteri jahat berkembang dan menyebabkan sakit perut. Dengan rutin mengkonsumsi buah kiwi anda akan membantu bakteri baik yang terdapat pada usus anda membasmi para bakteri jahat menyebabkan berbagai jenis pernyakit. Kiwi juga merupakan buah yang dapat membatu meredakan sembelit, penelitaian dicina bahkan mengungkapkan bahwa buah kiwi mampu meningkatkan gerakan usus secara spontan.

Buah Jeruk
Siapa yang tidak mengenal buah jeruk ? semua orang pasti tahu manfaat jeruk untuk kesehatan. Jeruk mengandung phytochemical yang disebut hesperidin yang berfungsi sebagai antioksidan. Jeruk juga sumber pectin yang berfungsi menurunkan tekanan darah dan termasuk buah rendah serat namun sumber vitamin C dan folate. Serat dalam jeruk membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Karena itulah, jeruk aman dijadikan makanan selingan sehat bagi penderita diabetes. Gula buah alami dalam jeruk, fruktosa, dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap normal. Mengkonsumsi jeruk setiap hari akan memberikan kesehatan tubuh dan berat badan berkurang.

Pisang
Pisang ternyata memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan, ternyata pisang mengandung vitamin A, B1, C, serta protein. Pisang merupakan sumber vitamin B6 yang dibutuhkan untuk membuat serotonin dalam otak. Serotonin berfungsi mengurangi rasa sakit, menekan nafsu makan, dan membuat merasa relaks dan mengurangi ketegangan. Sebagai obat tradisional, pisang digunakan untuk menyembuhkan bisul perut. Tidak seperti buah-buahan lain, pisang mengandung banyak karbohidrat, sedikit mengandung karotin dan vitamin C namun kaya potasium.

Buah Strowberri
Strowberri mengandung ellagic acid sebagai antioksidan. Dalam beberapa penelitian ellagic acid terbukti dapat menghalangi pertumbuhan tumor dalam paru-paru, osephagus, payudara, cervix dan lidah. Sebagai obat tradisional, stroberi diyakini memiliki antibakteri dan digunakan sebagai pembersih sistem pencernaan. Stroberi banyak mengandung vitamin C. Jika buah strawberry dikonsumsi secara teratur setiap hari, maka manfaatnya adalah kulit menjadi lebih halus dan mampu mencegah penuaan karena kadar antioksidannya yang sangat tinggi. Selain bagus untuk kulit, buah ini juga dapat digunakan untuk memutihkan gigi jika dikonsumsi.

Buah Tomat
Tomat memiliki kandungan vitamin C dan A yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, Tomat yang berwarna merah memilliki kandungan Vitamin A dan C lima kali lebih banyak daripada yang berwarna hijau. Salah satu kandungan di dalam tomat yang paling bermanfaat adalah Lycopene yang merupakan salah satu jenis antioksidan vital alami yang dapat membantu mencegah kerusakan sel. Manfaat lain dari tomat yaitu dapat mengatasi jerawat, melembutkan kulit wajah dan menghilangkan komedo. Zat yang terkandung dalam tomat bermanfaat untuk menghancurkan radikal bebas ketika dimasak. Tidak seperti sayuran, manfaat buah tomat tidak berkurang ketika dimasak.

Pepaya
Pepaya kaya akan kandungan penting seperti karbohidrat, protein, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, fosfor, zat besi, kalsium dan serat. Manfaat Buah Pepaya yang tumbuh di daerah tropis dan eksotis ini memang tak dapat dipungkiri. Banyak orang menggunakan Buah Pepaya untuk pengobatan dan Perawatan Kecantikan sejak dahulu. Selain itu Buah Pepaya bermanfaat untuk makanan diet, Pencegahan Kanker, membantu Pertumbuhan Rambut hingga detoksifikasi. Pepaya juga dapat mencegah penyakit jantung. Pepaya dipercaya efektif dalam mencegah atherosclerotic dan penyakit jantung akibat diabetes. Buah pepeaya juga memiliki sifat anti peradangan yang sangat baik untuk penderita asma.

Buah Naga
Buah naga adalah sumber antioksidan yang baik, mencegah radikal bebas dan melindungi dari menyebabkan kanker.Dapat Membantu menetralkan zat-zat beracun seperti logam berat yang ada dalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsi buah naga dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol. Buah Naga Mengandung Vitamin C dengan kadar yang tinggi. hal ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh anda.Vitamin B2 hadir dalam buah naga bertindak seperti multivitamin dan membantu untuk memperbaiki dan memulihkan hilangnya nafsu makan. Dengan mengkonsumsi Buah Naga secara teratur dan rutin dapat membantu menurunkan berat badan dan mengecilkan perut tentunya hal ini juga harus diimbangi dengan olahraga yang teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar, tapi yang sopan yaa :)